Santri Camp 2015 (dokume)


PENDAHULUAN
Anak adalah suatu bagian dari sistem kehidupan, mereka merupakan sosok alami yang suatu ketika akan menjadi pengganti dan penerus generasi ummat mendatang, dilain pihak anak adalah amanah Allah swt sehingga orang tua, masyarakat dan pemerintah mempunyai tanggung jawab pada mereka yaitu mendidik dan membinanya agar menjadi generasi yang bermanfaat bagi agama dan juga dapat dibanggakan oleh bangsa dan negara.
Anak merupakan pilar kemajuan umat, hal ini harus menjadi perhatian penting. Apalagi perkembangan dan tantangan zaman semakin kompleks. Generasi kita semakin banyak di suguhi berbagai macam hiburan sampingan yang dapat melenakan mereka dari kewajiban mereka untuk mengkaji, belajar dan mengaplikasikan amalan ajaran Islam terutama Al-Qur'an dan Hadits sebagai pedoman hidup mereka. Walaupun Keberadaan dan perkembangan Lembaga-lembaga pendidikan berbasis Islam dewasa ini sangat berkembang dengan pesat. Namun seringkali keberadaan lembaga tersebut dewasa ini belum bisa menjadikan anak merasa aman dan nyaman yang kadang-kadang hanya di sebabkan hal sepele yakni penyampaian materi pelajaran yang hanya monoton dan membosankan.
Kenyataan tersebut diatas akhir-akhir ini menjadi perhatian serius oleh berbagai praktisi pendidikan Islam kehususnya orang tua. Oleh sebab itu untuk mengawali hal yang baru, yang ada di kota Malang ini. Kami dari segenap pengurus Pondok Pesantren Modern Surya Buana Malang ingin mencoba, mengkonsep dan mengaplikasikan pembelajaran yang asyik dan menyenangkan dan ada nilai-nilai moral keagamaan pada anak-anak khususnya para pelajar sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah (SMP) yang ada di Kota Malang dan sekitarnya, Insyaalloh akan banyak sekali pelajaran yang dapat diambil dari kegiatan ini yaitu Santri’S Camp 2015, yang tentunya tidak akan menyimpang dari pendidikan dasar Al-Qur'an dan Hadits.

TEMA KEGIATAN
Kegiatan Santri’S Camp 2015 ini bertema ”Dengan Santri’S Camp 2015 kita bangkitkan kembali semangat juang generasi Qur’ani menuju masyarakat berpeardaban Rabbani”.

TUJUAN DAN MANFAAT
1. Membangun shilaturrahim antar generasi muslim.
2. Agar memahami lebih mendalam tentang peningkatkan iman dan taqwa
3. Membangun shilaturrahim para siswa (santri)
4. Meningkatkan kreatifitas dan prestasi melalui  ajang kegiatan yang bernuansa qur’ani.


5. Membuka peluang bagi generasi muda untuk beramal Jariyah berupa tenaga dan pikiran demi peningkatan keimanan, ketaqwaan dan keintelektualan generasi rabbani (santri).

TEMPAT DAN WAKTU KEGIATAN
Kegiatan Santri’S Camp 2015 dilaksanakan di lingkungan Pondok Pesantren Modern Surya Buana dan Kampus 4 Yayasan Bahana Cita Persada Malang pada tanggal 24 - 26 Desember 2015.

ORGANISASI PELAKSANA
Pelaksana kegiatan Santri’S Camp 2015 dilaksanakan oleh kepanitiaan yang dibentuk atas kerjasama Pondok Pesantren Modern Surya Buana Malang dengan Persatuan Pelajar Islam Kota Malang, adapun susunan kepanitiaan sebagaimana terlampir.

KETENTUAN PESERTA
1. Untuk kegiatan Santri’S Camp 2015 dengan ketentuan sebagai berikut :
a. Siswa sekolah klas 4, 5, 6 dan SMP.
b. Mampu membaca huruf-huruf Al-qur’an dengan baik dan benar.
c. Pembentukan regu ditentukan oleh panitia.
d. Mendaftar disekretariat paling akhir tanggal 23 Desember 2015.
e. Sanggup mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dan mentaati peraturan yang berlaku saat Santri’S Camp 2015.

FASILITAS
a. Fasilitas dari panitia, antara lain :
1. Lokasi Jambore yang nyaman sejuk, indah dan nyaman.
2. Pondok Pembinaan
3. MABIT Training
4. Pelayanan kesehatan
5. Sertifikat
6. Ajang peningkatan skill, kreasi dan shilaturrohim antar santri dan ustadh/ah
7. Makan Pagi, Siang dan sore + Snack

b. Fasilitas yang disiapkan siswa, antara lain :
1. Peralatan belajar (Buku Tulis dan Bolpoint).
2. Pakaian (jaket)
3. Peralatan ibadah/shalat
4. Peralatan mandi
5. Al-qur’an
6. Senter
7. Bekal Secukupnya
8. peralatan kesehatan

JENIS KEGIATAN
Santri’S Camp 2015, kegiatan ini terdiri dari :
a. Outbond, dengan kegiatan ini diharapkan para santri memiliki jiwa pemberani dan pantang menyerah dalam menghadapi problmatia.
b. MABIT yaitu kegiatan belajar mengenal diri sendiri dan Allah swt. Serta membangun kepercayaan diri santri dan kebersamaan melalui permainan dan Muhasabah.
c. Bimbingan Baca Tulis Al-Qur’an
d. Sholat Tahajud
e. Bimbingan Sholat
f. Senam Sehat Pagi
g. Tahfidz Al-Qur’an
h. Pembeinaan Aklah dan Aqidah
i. Dzikr Yaumiyah
j. Game-Game edukatif yang menyenangkan

PENUTUP
Demikian Outline kegiatan ini disusun sebagai panduan pelaksanaan dengan harapan mendapat dukungan dari berbagai pihak agar pelaksanaan kegiatan dapat terlaksana dengan baik dan bermanfaat dalam rangka membangun keimanan dan ketaqwaan masyarakat Merjosari dan generasi bangsa yang akan membangun masyarakat dimasa yang akan dating. Semoga Allah swt. Meridloi.
Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Labels

Recent Posts

Pages