Pelangi Kami - Organisasi Santri Intra Ma'had (OSIM) PPM Surya Buana


PPM Surya Buana - Cahaya adalah sebuah kata yg sering kita dengar dan yang kita dengar kebanyakan hal positif dari cahaya. Salah satunya adalah manfaat untuk segala aktifitas manusia bahkan seluruh alam. Cahaya bisa diartikan untuk segala hal positif baik untuk pujian sebuah pasangan, gambaran indah seorang sastrawan, lukisan cantik seorang maestro dan angel indah para fotografer. Namun dibalik itu ternyata cahaya adalah gabungan gelombang dari beberapa warna yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu.

Cahaya dipesantren ini kami ibaratkan dengan organisasi pesantren yang akan memberikan manfaat bagi santri, keluarga bahkan umat. Karena organisasi dipesantren diharapkan bisa membentuk kepribadian, sikap, dan ahklak santri. Namun seperti halnya cahaya yang dibagi beberapa gelombang maka organisasi pesantren juga dibagi beberapa bagian setiap bidangnya untuk mencapai satu tujuan untuk hal yang bermanfaat seperti cahaya. Jika disamakan dengan warna pelangi maka akan kita bahas pada paragraf selanjutnya.

Merah
Merah sebagian besar warna merah menunjukkan tanda peringatan. Seperti sepak bola jika melakukan pelanggaran berat akan diberi kartu merah. Pada lampu lalu lintas ditunjukkan agar berhenti. Pada ramalan cuaca digunakan untuk menujukkan panasnya hari untuk aktifitas. Maka warna merah bagi pesantren adalah batasan agar santri berhenti melanggar larangan Allah dan selalu waspada pada ahlak yang buruk. Di organisasi pesantren bisa dikatakan sebagai sie keamanan yang selalu memperhatikan santri dan menjaga lingkungan yang islami. Lingkungan yang buruk bisa terjadi karena keamanan belum bisa memberikan hal ang terbaik. Kemanan dipesantren tidak hanya berupa menjaga barang-barang santri namun juha harus tegas terhadap aturan dan menghimbau untuk saling mengingatkan. Maka dari itu warna merah disini sangatlah penting bagi cahaya peaantren

Biru
Biru bisa diartikan untuk keturunan ningrat yang mana memiliki makna sebagai darah biru. Biru diartikan juga sebagai kesetiaan ,kebenaran dan keteguhan.
Organisai pesantren juga diharapkan bisa memberikan ketenangan dan keteguhan kepada santri dengan harapan santri bisa memberikan keteguhan agama kepada masyarakat kelak. Sebagai ketengan maka organisasi di pesantren diharapkan bisa mengatasi masalah-masalah pada santri sehingga santri bisa semangat beraktifitas dan dicetak bisa meredakan masalah di lingkungannya dan memberikan solusi yang terbaik serta meminimalkan kerugian kedua belah pihak. Saran yang inovatif dan dipikirkan matang-matang serta kepala dingin.

Hijau
Jika kita melihat dedaunan hijau maka kesejukan akan kita rasakan karena itulah gambaran dari perpaduan kuning dan biru ini. Manfaatnya untuk mengurangi strees pada tubuh. Di pesantren yang padat akan kegiatan perlulah penyegaran bagi para santri maka disini peran organisasi sebagai penghilang strees diterapkan. Maka organisasi santri bisa memberikan hiburang yang edukatif dan disenangi santri sehingga santri merasa nyaman berada di pesantren dan dapat merefresh ulang otak mereka. Maka dari itu pembentukan santri sebagai media penyejuk juga diperlukan. Karena dimasyarakat tentu akan ditemukan problem-problem ini terutama di rumah tangga dan lingkungan komplek. Oleh sebab itu media yang dibutuhkan salah satunya adalah dengan Al Quran. Maka dibiasakan untuk santri agar merefresh otaknya dengan mengkaji dan mengaji Al Quran. Sehingga kebiasaan ini bisa dilakukan sampai akhir hayat dan juga dapat memberikan pahala bagi dirinya.

Itulah tadi sedikit gambaran salah satu warna pada pelangi coba kami implementasikan pada organisasi pesantren sesuai fungsinya. Adapun organisasi santri yang berada di PPM Surya Buana adalah Organisasi Santri Intra Ma'had atau yang dikenal dengan sebutan OSIM. Semoga Allah senantisa memberikan kemudahan kepada apa yang kita inginkan dan untuk para santri yang telah mendapatkan kepercayaan untuk menjabat sebagai pengurus OSIM menjadi pribadi amanah, jujur, dan tanggung jawab serta memberikan kebahagian untuk dirinya, kedua orang tuanya, masyarakat dan negara. Aamiin.

Oleh :
Ustadz. Rif'an Maulana




Share:

1 comment:

  1. Kereeen.. membentuk generasi dengan karakter excellent bernafaskan islam

    ReplyDelete

Popular Posts

Labels

Recent Posts

Pages